DAN KOMPETENSI DASAR (KD)
Satuan Pendidikan :
SMP/MTs ...........
Mata Pelajaran :
Ilmu Pengetahuan
Sosial ( IPS )
Kelas / Semester :
VII (1) / 1
Tahun Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
KKM
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Alokasi Waktu
|
1. Memahami lingkungan kehidupan manusia.
|
1.1.
Mendeskripsikan
keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap
kehidupan.
|
|
o Mengidentifikasi bentuk-bentuk muka bumi
daratan dan dasar laut
o Mendeskripsikan proses
alam endogen yang menyebabkan terjadinya bentuk muka bumi.
o Mendeskripsikan gejala
diastropisme dan vulkanisme serta sebaran tipe gunung api.
o Mendeskripsikan
faktor-faktor penyebab terjadinya gempa bumi dan akibat yang ditimbulkannya.
o Mendeskripsikan proses pelapukan
o Mendeskripsikan proses erosi, dan faktor-faktor
penyebabnya, dampaknya.
o Memberikan contoh bentukan yang
dihasilkan oleh proses sedimentasi.
o Mengidentifikasi dampak positif dan negatif
dari tenaga endogen dan eksogen bagi kehidupan serta upaya penanggulangannya.
|
|
|
1.2. Mendeskripsikan kehidupan pada masa pra-aksara di Indonesia.
|
|
o Menjelaskan
pengertian dan kurun waktu masa pra
–aksara
o Mengidentifikasi jenis-
jenis manusia Indonesia yang hidup pada masa pra- aksara
o Mendeskripsikan
perkembangan kehidupan pada masa pra- aksara dan
peralatan kehidupan yang dipergunakan.
o Mengidentiifikasi
peninggalan –peninggalan kebudayaan pada masa pra-aksara.
o Melacak kedatangan dan persebaran nenek moyang bangsa Indonesia di
Nusantara dengan atlas sejarah.
|
|
2. Memahami kehidupan sosial manusia.
|
2.1 Mendeskripsikan
interaksi sebagai proses sosial
|
|
o Menjelaskan pengertian
interaksi sosial.
o Menjelaskan kaitan interaksi
sosial dan proses sosial.
o Menjelaskan pengaruh
interaksi sosial terhadap keselarasan sosial.
|
|
|
2.2 Mendeskripsikan
sosialisasi sebagai proses pembentukan
kepribadian
|
|
o Menjelaskan pengertian dan pentingnya proses
sosialisasi.
o Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi sosialisasi.
o Menguraikan
fungsi sosialisasi dalam pembentukan kepribadian.
|
|
|
2.3 Mengidentifikasi
bentuk-bentuk interaksi sosial
|
|
o Menjelaskan
syarat-syarat terjadinya interaksi sosial.
o Mengidentifikasi bentuk-bentuk
interaksi sosial.
|
|
|
2.4 Mengurai-kan proses
interaksi sosial
|
|
o Mengidentifikasi proses sosial asosiatif
o Memberi contoh proses
sosial disosiatif.
|
|
3.
Memahami usaha manusia memenuhi kebutuhan
|
3.1.Mendes-krepsikan manusia
sebagai makhluk sosial dan ekonomi yang
bermoral dalam memenui kebutuh-an
|
|
o Mendefinisikan makna manusia sebagai makhluk sosial dan makhluk
ekonomi yang bermoral
o Mengidentifikasi
ciri-ciri makhluk sosial dan makhluk ekonomi yangbermoral
o Mewujudkan hubungan yang harmonis antarmanusia sebagai
makhluk sosial & ekonomi yang
bermoral
|
|
|
3.2.Mengidentifikasi tindakan ekonomi berdasarkan motif dan
prinsip ekonomi dalam berbagai kegiatan sehari-hari
|
|
o Mendeskripsikan
perilaku manusia dalam memanfaatkan
sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dengan melakukan
berbagai tindakan ekonomi
o Mendeskripsikan
berbagai tindakan ekonomi rasional yang dilakukan manusia
o Mendefinisikan
pengertian motif dan prinsip ekonomi.
o Mengidentifikasi
macam-macam motif dan prinsip ekonomi.
o Mengaplikasikan kegiatan
/ tindakan ekonomi
sehari-hari berdasar motif dan prinsip
ekonomi.
o Mengidentifikasi
manfaat /pentingnya prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
Jumlah
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar